Selasa, 20 Januari 2015

Skutel Kentang Salmon.....Pesanan Kak Linda


Bismillahirahmanirrahiim.....

Ini adalah resep terbaru untuk katagori snack di dapur Masama Cakes....resep ini aku dapat dari kak Linda yang pesan skutel ini...bingung ya bacanya? he he...gini loh maksudnya...Jadi, suatu hari Kak Linda ini bertanya apa aku bisa membuatkan dia skutel kentang salmon (setelah beberapa kali pesan Macaroni Schootel) ...aku jawab aku mesti browsing resepnya dulu karena belum pernah bikin....trus Kak Linda bilang dia ada resepnya...resep dari Ibu Mertuanya...sempat dicoba bikin, tapi menurut suaminya rasa nya bukan seperti yang dibuat oleh ibu nya....mungkiiiiiiiinn, Kak Linda putus asa kali yah, jadi diserahkan ke aku untuk bikin....hi hi...

Akhirnya dikirimlah resep nya ke aku...dibaca baca sekilas seperti lasagna ada saus putihnya...dan rasanya gak terlalu sulit dieksekusi....aku buat 1/2 resep dulu...semua aku ikutin bahan bahannya, step step nya....sama plek seperti diresep.....hasilnya...hhmmmm, enaaaaak ......tapi ikan salmonnya kurang banyak, saus putihnya kurang banyak, kentang nya kebanyakan, takaran bumbu bumbunya ada yang kurang .....hal yang sama disampaikan Kak Linda ...enak, tapi ikan salmonnya kurang banyak....ha ha ha...tapi aku sih masih ingin nyoba lagi, karena menurutku skutel ini enaaaaak banget, mau coba bikin dengan takaran yang pas, dengan rasa yanglebih cocok lagi di lidah

EEEEEhhhhh....kebetulan minggu lalu dapat pesanan lagi dari Kak Linda, akhirnya aku coba lagi dengan memodif bahan nya sedikit aja...ikan salmon ditambahin (maharani ya booooowwww...wakakakak), kentang dikurangi, saus putih ditambahin sedikit, bumbu bumbu ditakar lagi....hasilnya....yummy......apalagi dimakan hangat hangat, saat keju mozarella nya masih meleleh.....wwwaaaww....tambah yummy.....pake bingits...hi hi

Yang mau coba, aku sertakan resepnya disini yaaa.....(Ijin share resepnya ya Kak Linda...)

SKUTEL KENTANG SALMON
resep : Kak Linda

Bahan :
1,5 kg kentang (Rina : 0,5 kg)
0,5 kg ikan salmon (Rina : 400 gr)
5 butir bawang putih (Rina : 3 siung bawang putih dan 1/2 butir bawang bombay)
jeruk nipis (Rina :  jeruk lemon)

Saus :
1 liter susu cair (Rina : 600 ml)
1 cup cream cheese (Rina : 1/2 cup, merek yummy)
1 pack keju diparut (Rina : 100 gr)
lada, pala, garam, gula secukupnya
3 sdm terigu (Rina :4 sdm)
butter/margarine untuk menumis
keju mozarela (Rina : 250 gr)

Cara Membuat :
1. Kupas kentang, cuci bersih, rebus hingga matang, tiriskan hingga dingin, iris tipis
2. bersihkan ikan salmon, iris tipis, taburi air jeruk nipis dan garam, diamkan
3. Saus : panaskan mentega / margarine, tumis bawang putih dan bawang merah (diresep asli cara membuatnya ada bawangmerah...padahal di bahan bahannya gak ada bawang merah....aku ganti bawang bombay aja), masukkan terigu, aduk rata, tuang susu sedikit sedikit sampai diaduk sampai licin
4. Masukkan keju parut, creamcheese, gara, lada, pala dan gula,koreksi rasa, masak hingga mengental
5. Susun kentang dalam wadah, taruh ikan salmon, tuang saus putih, mozarela....susun lagi kentang diatas saus puti, ikan salmon, saus puti, taburkan mozarella hingga rata...panggang kurang lebih 30 menit ...siap dihidangkan




Silakan dicoba yaa...tapi kalau dirasa ribet, ya monggo bisa di order ke saya.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar