Kamis, 22 April 2010

Triple Coffee Cake For Tejo's Birthday


"Cake ini lumayan bikin strezzzzzz........."

Begini ceritanya.....
yunita, teman kantor ku, mau pesan cake ulang tahun untuk suami tertjintjah, mas Tejonegoro.....nita minta dibuatin cake kopi, secara suaminya suka sama kopi....tukang kue menyanggupi, meskipun dalam hati agak gak pede karena belum pernah buat. Nita pesan  ukuran 30 x 30. Oh iya, awalnya nita tanya bisa bikin figurin sepeda gak, tukang kue bilang gak bisa, belum pernah kursus...qiqiqiq...trus aku tawarin pakai edible aja, sip, nita setuju, besoknya dia kirim edible nya yang bikin aku ketawa...ceile....mas bradpitt sama mas tejo bersanding dalam 1 kue....hi..hi...
Trus aku mulai browsing dan nanya ke milis resep cake kopi...dapat beberapa masukan..masalah mulai timbul setelah aku mencoba bikin ganache kopi. Karena gak pernah bikin ganache kopi sebelumnya, akhirnya nanya juga ke beberapa orang yang sudah jadi pakar perbakingan...tapi malah tambah bingung. aku pakai resepnya mbak widya, tapi mbak widya disitu ganache dibikin dari whipped cream bubuk yang dicampur air kopi...lah, selama ini aku belum pernah pakai whippedcream yang bubuk, selalu pakai yang cair...du du du du...gimana nih...ah, coba aja lah..siapa tahu bisa. Ternyata setelah dicoba 2 kali tidak memuaskan. Yang pertama hasil ganache nya sama sekali gak bisa dikocok, karena berbentuk air, misah antara air dan creamnya...percobaan yang kedua setelah dikocok, gak bisa kokoh seperti kalau bikin ganache coklat. (Ganache kopi yang aku coba ini pakai white cooking chocolate). Rasa lumayan ngopi, tapi bentuknya kayak selai kacang Trus cari masukkan dari beberapa orang, aku diminta coba pakai Dark Cooking Coklat, karena yang White emang gak kokoh...aku coba, tapi rasanya kurang ngopi karena rasa coklatnya, masih dominan....Alamakkkkk tinggal 2 hari lagi, tapi aku belum nemu ganache yang cocok. Gimana niyyyyy??? Mulai stress, mulai gak konsen..padahal banyak pesenan yang mesti dikerjain...ya Allah makin pusing deh, secara sudah menyanggupi utk bikin
oh iya, ganache kopi yang kedua sempet aku olesi di sponge cake kopi yang sudah aku buat. Ceritanya aku mau trial dulu bikin yang kecil....menurut suamiku rasanya enak, udah ngopi tapi cake nya terlalu basah...oh iya, mungkin sponge cakenya terlalu banyak dikasih simple syrup kopinya. karena sopnge cakenya lembuuuuttt banget.
Waktu tinggal 2 hari lagi...belajar dari bikin ganache kopi sendiri akhirnya pasrah mau bikin yang dari Whipped cream cair, white cooking coklat dan kopi instant bubuk. Baca bismilahh, insya Allah berhasil....akhirnya dibuatlah ganache kopi itu (dengan perasaan deg degan takut gagal)..besoknya ganache kopi dikeluarin dari frezeer...alhamdulillah dia  (ganache kopi) setelah dikocok, gak kayak selai kacang lagi, trus gak misah...jadinya bagus kayak ganche coklat, tapi memang gak begitu kokoh...ya Allah terimakasih sudah dimudahkan ..... alhamdullillah bisa dioles di sponge cake...alhamdulillah semua lancar.......alhamdulillah selesai.....akhirnya bisa tidur nyenyak
tadi pagi cakenya diantar ke kuningan sama my hubby (tks ya ayah...), tapi mas tejonya gak ada, lagi meeting katanya. ya udah dititipin di resepsionis aja...
Ternyata semua gak sesulit yang dibayangkan, alhamdulillah dapat lagi satu ilmu gimana caranya bikin ganache kopi. Makasih buat nita yang udah pesen cake ini, karena pesananmu ini, aku jadi punya varian cake baru buat Masama Kitchen. Buat mas Tejo, heppy birthday ya mas...semoga panjang umur dan bahagia selalu. Aminnnn.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar